Puncak Tema "Diri Sendiri " RA AL-ADZKIYA 2019/2020


MENYIAPKAN PUNCAK TEMA DAN TRANSISI TEMA  PADA RAUDHATUL ATHFAL AL-ADZKIYA

Pemilihan Tema
Pembelajaran anak usia dini/RA pada hakikatnya adalah pembelajaran yang berorientasi bermain (belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar), pembelajaran yang berorientasi perkembangan yang lebih banyak memberi kesempatan kepada anak untuk dapat belajar dengan cara-cara yang tepat. Pendekatan yang paling tepat adalah pembelajaran yang berpusat pada anak
Dalam Pembelajaran pada  anak usia dini dapat dikembangkan dengan menggunakan tema. karena dengan tema anak usia dini (AUD) akan lebih mudah mengenal suatu  konsep pengetahuan dan mempelajari sesuatu yang bersifat konkret. Sedangkan Tema itu sendiri adalah Ide – ide pokok yang mengandung konsep – konsep  yang dapat diperluas serta dipelajari guna membangun pengetahuan anak. Tema bukan merupakan tujuan pembelajaran melainkan sebagai perluasan wawasan dalam rangka mengantarkan kematangan perkembangan anak. Disini Pendidik RA diharapkan dapat mengembangkan tema sesuai dengan prinsip – prinsip pengembangan tema agar pembelajaran yang dilaksanakan lebih menarik dan mendalam.
Pembelajaran Tematik merupakan suatu pembelajaran yang mengaitkan berbagai bahasan dari Kompetensi Dasar (KD) secara terintegrasi kedalam satu tema. Pembelajaran tematik berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang terkandung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar anak, karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi anak.
Banyak hal dilingkungan kehidupan kita dapat dijadikan tema, karena pada dasarnya tema sebagai bingkai yang dapat dipelajari anak. Lembaga/ Satuan Pendidikan  dapat mengembangkan tema sesuai dengan kebutuhan, situasi dan kondisi. Karena sebuah tema dapat dikembangkan menjadi sub tema, dan apabila sub tema tersebut masih terlalu luas , maka dapat dijabarkan menjadi sub-sub tema, pokok bahasan, dan seterusnya. Maka jika ada pertanyaan seberapa luas sebuah tema dapat dikembangkan? Jawabannya tergantung seberapa luas pendidik dapat memfasilitasi pengembangan tema untuk memberi pengalaman baru pada anak. Artinya bila pendidik yang banyak membaca dan kreativ  tentu akan mengembangkan tema menjadi sangat luas, tetapi bisa juga sebaliknya. Sedangkan  waktu yang diperlukan untuk pembahasan suatu tema , yang jelas tidak ada ketentuan sebuah tema dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu. Artinya sebuah tema bisa dilaksanakan lama dan bisa juga singkat, tergantung keluasan tema dan minat anak terhadap tema tersebut. Ada kalanya satu tema membutuhkan waktu selama sebulan atau bahkan lebih, ada juga yang kurang dari sebulan.
TRANSISI ANTAR TEMA  PAUD
Setelah mengakhiri tema guru harus dapat mengkaitkan tema sebelum dan tema yang akan digunakan selanjutnya, tujuannya  untuk membangun minat dan ketertarikan anak dalam memasuki kegiatan main di tema berikutnya. Proses ini disebut transisi antar tema. Transisi antar tema yang dilakukan dengan berbagai cara antara lain:
Diskusi tentang pengalaman anak terkait tema lama atau bercakap- cakap
Berkunjung ke suatu tempat yang terkait dengan tema baru
Membacakan cerita yang terkait dengan tema baru
Berdiskusi sesuai dengan pengalaman anak yang terkait dengan tema baru
Mengundang narasumber yang memiliki keahlian/pengetahuan terkait dengan tema baru
Membuat setting lingkungan sesuai dengan Tema
PUNCAK TEMA
Untuk memberikan kebermaknaan pembahasan tema, maka pada setiap akhir tema perlu dikokohkan dengan puncak tema. Sebelum membahas tentang kegiatan puncak tema, maka perlu kita bahas tentang puncak tema.  
Apa itu kegiatan puncak tema ?
Kegiatan puncak tema adalah kegiatan untuk memberikan kebermaknaan pembahasan tema, maka pada setiap akhir  tema perlu dikokohkan dengan puncak tema. Kegiatan puncak tema bersifat menggembirakan, penguatan sikap, pengetahuan, keterampilan yang melibatkan berbagai pihak terutama orang tua/keluarga. Kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan cara :
Berdiskusi dengan anak tentang pengalaman yang berkaitan dengan tema yang sudah digunakan.
Mengajak anak untuk menceritakan kembali hasil karya selama penggunaan tema kepada teman, orang tua dan atau keluarga.Kunjungan lapangan dalam rangka penguatan kompetensi yang sudah dimiliki anak.Mengundang orang tua untuk kegiatan bersama yang berkaitan dengan tema.

dokumentasi kegiatan Puncak Tema " Diri Sendiri "



Post a Comment

Previous Post Next Post