MENYIAPKAN
PUNCAK TEMA DAN TRANSISI TEMA PADA RAUDHATUL ATHFAL AL-ADZKIYA
Pemilihan
Tema
Pembelajaran anak usia dini/RA pada hakikatnya
adalah pembelajaran yang berorientasi bermain (belajar sambil bermain dan
bermain sambil belajar), pembelajaran yang berorientasi perkembangan yang lebih
banyak memberi kesempatan kepada anak untuk dapat belajar dengan cara-cara yang
tepat. Pendekatan yang paling tepat adalah pembelajaran yang berpusat pada anak
Dalam Pembelajaran pada anak usia dini dapat dikembangkan dengan
menggunakan tema. karena dengan tema anak usia dini (AUD) akan lebih mudah
mengenal suatu konsep pengetahuan dan
mempelajari sesuatu yang bersifat konkret. Sedangkan Tema itu sendiri adalah
Ide – ide pokok yang mengandung konsep – konsep
yang dapat diperluas serta dipelajari guna membangun pengetahuan anak.
Tema bukan merupakan tujuan pembelajaran melainkan sebagai perluasan wawasan
dalam rangka mengantarkan kematangan perkembangan anak. Disini Pendidik RA
diharapkan dapat mengembangkan tema sesuai dengan prinsip – prinsip
pengembangan tema agar pembelajaran yang dilaksanakan lebih menarik dan
mendalam.
Pembelajaran Tematik merupakan suatu pembelajaran
yang mengaitkan berbagai bahasan dari Kompetensi Dasar (KD) secara terintegrasi
kedalam satu tema. Pembelajaran tematik berfungsi untuk memberikan kemudahan
bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang terkandung
dalam tema serta dapat menambah semangat belajar anak, karena materi yang
dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi anak.
Banyak hal dilingkungan kehidupan kita dapat dijadikan
tema, karena pada dasarnya tema sebagai bingkai yang dapat dipelajari anak.
Lembaga/ Satuan Pendidikan dapat
mengembangkan tema sesuai dengan kebutuhan, situasi dan kondisi. Karena sebuah
tema dapat dikembangkan menjadi sub tema, dan apabila sub tema tersebut masih
terlalu luas , maka dapat dijabarkan menjadi sub-sub tema, pokok bahasan, dan
seterusnya. Maka jika ada pertanyaan seberapa luas sebuah tema dapat
dikembangkan? Jawabannya tergantung seberapa luas pendidik dapat memfasilitasi
pengembangan tema untuk memberi pengalaman baru pada anak. Artinya bila
pendidik yang banyak membaca dan kreativ
tentu akan mengembangkan tema menjadi sangat luas, tetapi bisa juga
sebaliknya. Sedangkan waktu yang
diperlukan untuk pembahasan suatu tema , yang jelas tidak ada ketentuan sebuah
tema dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu. Artinya sebuah tema bisa
dilaksanakan lama dan bisa juga singkat, tergantung keluasan tema dan minat
anak terhadap tema tersebut. Ada kalanya satu tema membutuhkan waktu selama
sebulan atau bahkan lebih, ada juga yang kurang dari sebulan.
TRANSISI
ANTAR TEMA PAUD
Setelah mengakhiri tema guru harus dapat
mengkaitkan tema sebelum dan tema yang akan digunakan selanjutnya,
tujuannya untuk membangun minat dan
ketertarikan anak dalam memasuki kegiatan main di tema berikutnya. Proses ini
disebut transisi antar tema. Transisi antar tema yang dilakukan dengan berbagai
cara antara lain:
Diskusi tentang pengalaman anak terkait tema lama
atau bercakap- cakap
Berkunjung ke suatu tempat yang terkait dengan tema
baru
Membacakan cerita yang terkait dengan tema baru
Berdiskusi sesuai dengan pengalaman anak yang
terkait dengan tema baru
Mengundang narasumber yang memiliki
keahlian/pengetahuan terkait dengan tema baru
Membuat setting lingkungan sesuai dengan Tema
PUNCAK TEMA
Untuk memberikan kebermaknaan pembahasan tema, maka
pada setiap akhir tema perlu dikokohkan dengan puncak tema. Sebelum membahas
tentang kegiatan puncak tema, maka perlu kita bahas tentang puncak tema.
Apa itu kegiatan puncak tema ?
Kegiatan puncak tema adalah kegiatan untuk
memberikan kebermaknaan pembahasan tema, maka pada setiap akhir tema perlu dikokohkan dengan puncak tema. Kegiatan
puncak tema bersifat menggembirakan, penguatan sikap, pengetahuan, keterampilan
yang melibatkan berbagai pihak terutama orang tua/keluarga. Kegiatan tersebut
dapat dilakukan dengan cara :
Berdiskusi dengan anak tentang pengalaman yang
berkaitan dengan tema yang sudah digunakan.
Mengajak anak untuk menceritakan kembali hasil
karya selama penggunaan tema kepada teman, orang tua dan atau keluarga.Kunjungan
lapangan dalam rangka penguatan kompetensi yang sudah dimiliki anak.Mengundang
orang tua untuk kegiatan bersama yang berkaitan dengan tema.
dokumentasi kegiatan Puncak Tema " Diri Sendiri "