KARYA WISATA RA AL-ADZKIA
TAMAN WISATA MATAHARI - BOGOR
Anak-anak mempunyai rasa ingin tahu yang amat besar. Untuk memfasilitasi keingintahuan tersebut mengajak anak-anak berjalan-jalan menghirup udara segar amat sangat baik bagi anak. Hal tersebut berguna untuk menghilangkan kejenuhan pada anak setelah dari hari ke hari hanya dituntut untuk belajar dan hanya belajar saja.
karya wisata merupakan suatu metode yang dapat dilakukan oleh pendidik setiap saat dengan mengunjungi tempat-tempat tertentu. Sehingga diharapkan anak dapat mempelajari suatu hal secara lebih mendalam dan juga konkret. Misalnya dengan membawa anak-anak berjalan-jalan ke kantor pos dan menyaksikan aktivitas di kantor pos. mengajak anak ke pusat perbelanjaan atau pasar, mengajak anak mengunjungi tempat-tempat sejarah seperti museum. Mengajak anak berkunjung ke perpustakaan atau juga ke rumah sakit. Bisa juga mengajak anak-anak ke sawah untuk melihat aktivitas para petani bercocok tanam atau bisa juga ke peternakan. Di tempat-tempat tersebut anak akan melihat secara langsung sehingga membantu anak memeahami kehidupan nyata di lingkungan mereka.
Adapun metode karya wisata adalah metode dalam kegiatan pembelajaran dengan cara mengamati dunia sesuai dengan kenyataan yang ada secara langsung. Meliputi manusia, hewa, tumbuh-tumbuhan, dan benda-benda lainnya. Melalui pengamatan secara langsung anak memperoleh kesan yang sesuai dengan pengamatannya.
Selain berbagai manfaat yang diperoleh, metode karya wisata juga memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan yang dapat dijadikan pertimbangan sebelum memilih metode ini. Kelebihan karya wisata adalah menerapkan sistem pengembangan modern yang memanfaat lingkungan sebagai sumber belajar. Bahan yang dipelajari di sekolah akan lebih relevan jika dikaitkan dengan kenyataan dalam hidup bermasyarakat. Kegiatan pengembangan yang dilakukan dapat lebih merangsang minat dan kreativitas anak. Kekurangan metode karya wisata adalah memerlukan persiapan yang melibatkan banyak pihak. Memerlukan perencanaan dengan persiapan yang matang.
Seringkali unsur rekreasi menjadi lebih dominan jika dibandingkan dengan kegiatan pengembangan yang telah direncanakan. Memerlukan pengawasan yang cukup ketat terhadap gerak-gerik anak diperjalanan ataupun di lapangan. Kadang memerlukan biaya yang cukup mahal. dan memerlukan tanggung jawab pendidik dan pihak sekolah atas kelancaran karya wisata dan juga keselamatan anak didik di lapangan. Terlepas dari semua kelebihan dan kekurangan yang ada, karya wisata merupakan metode pembelajaran yang mengasyikkan.
My Galery
Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu :
1.Untuk mencari keterangan hal tertentu. Dalam pembelajaran di lembaga PAUD seringkali ada sumber-sumber keterangan atau sumber informasi yang tidak dapat di peroleh anak di ruangan kelas. Oleh Karena itu, perlu dicari sumber-sumber informasi yang lebih lengkap. Diantaranya melalui eksplorasi objek yang sebenarnya dalam kegiatan karyawisata.
2.Melatih sikap anak. Kegiatran pengembangan anak yang banyak dilakukan saat ini lebih banyak berorientasi dan bertumpu pada engembangan kognitif, padahal seharusnya tidak hanya itu. Kegiatan pengembangan juga harus berorientasi pada pengembangan aspek sikap dan keterampilan. Kegiatan yang hanya dilakukan di kelas sering menjebak para pendidik untuk hanya berorientasi pada aspek kognitif, hal ini mungkin saja disebabkan tebatasnya interaksi antara nak-anak dengan sumber informasi yang lain misalnya melalui interaksi dengan lingkungan masyarakat sekitar.
3.Membangkitkan minat anak. Jika pengembangan kegiatan anak hanya diarahkan pada penguasaan keterampilan yang sangat terbatas seperti kemampuan menguasai keterampilan yang sederhana dan hanya sekedar menghafalkan sesuatu fakta, maka minat anak untuk mengenali sesuatu akan sangat terbatas. Oleh kernanya orentasi kegiatan pengembangan harus diubah dan diperkaya dengan tujuan yang lebih menyeluruh. Salah satu cara efektif daalah dengan mendorong anak untuk memanfaatkan fotensi-fotensi lingkungan di sekutar masyarakat yang ada sehingga mereka bukan hanya sekedar menghafal fakta namun mereka pun memperoleh untuk informasi lain seperti mencoba, mengamati dan bahkan mempraktikan sesuatu.
4.Mengembangkan apresiasi terhadap sesuatu. Salah satu aspek sikap yang penting di kembangkan pada diri anak adalah kemampuan mengapresiasi sesuatu. Kemampuan mengapresiasi sesuatu harus dilakukan dengan banyak melakukan interaksi dengan orang lain. Dalam konteks seperti ini pemanfaatan lingkungan sekitar masyarakat akan dapat membantu anak dalam mengembangkan kemampuan mengapresiasi sesuatu.
5.Menikmati pengalaman-pengalaman baru. Lingkungan Sekitar masyarakat merupakan sumber kegiatan pengembangan anak yang sangat kaya informasi. Informasi tersebut bukan hanya informasi yang berbentuk fakta-fakta saja namun anak-anak dapat mengamati proses sesuatu secara langsung, pengalaman-pengalaman belajar tersebut tentunya merupakan sumber belajar yang kaya bagi anak sehingga berbagai dimensi perkembangan dan perilaku anak dapat dikembangkan secara seimbang dan holistic. (menyeluruh)
Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan semangat dari Ayah dan Bunda sehingga kegiatan Karya Wisata RA AL-ADZKIYA ke Taman Wisata Matahari Bogor - Jawabarat Tahun 2019 dapat terselenggara dengan baik, kekompakan dari anak-anak saat mengikuti kegiatan,dan ditambah lagi dengan bunda-bunda yang mengikuti kegiatan tersebut sehingga kegiatan dapat terlaksana sesuai rundown kegiatan yang telah dibuat oleh para Guru-guru
saya ga diajak....
ReplyDeletebagus, bermanfaat sekali
ReplyDelete